Skip to main content

Tips memilih nama yang baik untuk anak



Terkadang orang tua lebih sering menggunakan egonya dalam memilih nama untuk sang buah hati. Dalam hal ini orang tua memilih nama yang disukainya, misalkan mengambil nama idolanya di sinetron sebagai harapan untuk anaknya. Tidak ada salahnya memang, namun ada baiknya perhatikan tips tips berikut.

  1. Memilih nama dari kitab suci
Ada baiknya bagi orang tua, untuk memilihkan nama terbaik untuk sang buah hati yang di ambil dari kitab suci. Untuk umat muslim, memilih nama nama dari al qur’an adalah sangat mulya. Karena setiap kali umat muslim membaca al qur’an, anak akan akan selalu disebut sebut, itu artinya semua umat muslim yang membaca al qur’an juga mendo’akan anak anda menjadi seperti yang juga anda harapkan.
  1. Mengandung arti yang indah serta do’a
Nama nama seperti muhammad, malik, salsabila, serta khumaeroh  adalah beberapa nama yang memiliki arti yang memberikan kesan indah pada seorang perempuan dan kesan gagah bagi seorang laki laki. Pilihlah nama nama yang mengandung arti baik serta sematkan harapan kepada anak kita melalui nama, karena bagaimanapun nama adalah sebuah do’a dan harapan.
  1. Jangan memilih nama pasaran
Nama nama seperti yulianto, purwanto, dewi, sri atau indah adalah beberapa nama pasaran yang sebaiknya anda hindari. Mungkin ada berapa ribu orang di bumi ini yang menggunakan yulianto sebagai namanya. Nama adalah identitas, nama yang sama terkadang akan membuat seorang minder. Hindari nama pasaran, toh masih banyak pilihan nama yang lebih baik serta pantas untuk anak kita.
  1. Memberikan kesan enak saat di panggil
Pilihlah nama nama yang memberikan kesan enak atau imut saat dipanggil. Orang orang sunda sering menggunakan nama nama yang diulang beberapa katanya, ini dimaksudkan untuk memudahkan atau memberikan kesan yang baik. Nama nama seperti tata sumarta, aep saepudin, jaja miharja atau juga nama asli komedian sule, entis sutisna adalah beberapa contohnya.
  1. Jangan menggunakan nama jadul
Banyak orang tua yang menuruti egonya dalam memilihkan nama untuk sang buah hati. Misalnya nama jadul (jaman dulu) untuk anaknya dikarenakan nama tersebut adalah nama seseorang yang sangat di idolakanya, misalnya. Hal ini perlu di hindari karena yang menyandang nama “jadul” tersebut adalah anaknya yang akan hidup 10, 20, 30 serta 40 tahun kedepan, bukan orang yang memberikan namanya. Mungkin saja nama yang dulu pernah dianggap keren namun beberapa puluh tahun kedepan akan dianggap kampungan. Pikirkanlah..
  1. Perhatikan susunan katanya
Hal yang perlu di perhatikan berikutnya adalah susunan katanya. Saya ambil contoh nama saya sendiri,  Khoirul Anwarudin. Secara arti nama saya sangat baik, sebaik baik cahaya agama. Dipanggilpun dengan kesan yang mudah dan baik, serta juga tidak terlalu pasaran dan jadul. Namun karena nama saya diambil dari bahasa arab, maka juga harus mengikuti kaidah bahasa arab yang baik dan benar. Kalau anda mengerti bahasa arab. Dalam bahasa arab apabila ada 2 kalimat isim maka isim yang terakhir harus membuang AL-nya. Karena nama saya memiliki 3 kalimat isim, maka kalimat isim yang ke 2 serta ke 3 harus dibuang. Nah disinilah masalahnya. Seharusnya, kalau dengan arti tersebut sebelumnya, susunan yang tepat adalah khoirun anwariddin, bukan khoirul anwaruddin. Ini mencerminkan orang yang memberikan nama bagi saya adalah orang yang kurang faham bahasa arab, meskipun dengan makna yang indah dan dengan sejuta harapan.
  1. Jangan minder dalam memberikan nama untuk anak
Sebagian  orang tua minder memberikan nama untuk anak yang berbau barat atau dianggap kota. Karena mungkin mereka berpikir tak terlalu penting menyematkan nama yang indah, karena telah pesimis dengan masa depan sang anak. Hindarilah pemikiran seperti ini, karena anak anda akan minder juga saat berhadapan dengan orang lain atau komunitas yang kebanyakan punya nama yang bagus bagus.

Banyak anak yang mengubah namanya sendiri karena tidak suka dengan nama yang diberikan orang tuanya. Saran untuk calon orang tua, pilihlah nama yang sesuai dengan anak, dan jangan sampai memberikan nama yang justru akan membuat anak jadi minder di masa depanya kelak, jangan sampai sang anak merubah sendiri namanya. Terima kasih 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh puisi berkelompok

Kata, Kata, Kata Kata mereka,........  ibu, Engkau ada bahagia, lemahmu kau lupakanya Saat engkau kandung aku, surgamu katamu Kau nantikan aku, saat jalanmu terpapah kaku Ibu, engkau  korbankan jiwa ragamu Demi aku, buah hati kecilmu Katamu,........ ibu, Tumbuhlah aku dengan cinta yang wangi Merenggut asa, cita-cita dan harapan tinggi Menembus angkasa, peroleh bahagiaku nanti Ibu, engkau juang aku ini Merintih berdoa dalam malam yang sunyi Kataku...... Saat engkau berikan baju bagus yang kau pilih Aku melempar dan membuangnya dan dirimu bersedih Aau dekap aku dan genggam tangan mungilku ibu, aroma cintamu segarkan nafasku tumbuh harum dengan puji tulusmu Kataku, ..... saat itu Kumintakan uang jajan dan dirimu terdiam Katamu, kau tak punya uang Aku menangis dan meronta gundah Dan engkau terlihat tak berdaya Ibu, engkau mendambaku sepenuh jiwa Kau bilang pada orang orang Akulah terbaik bagimu Katanya.......

Tips aman menjadikan suara nyaring dan merdu

Tips aman menjadikan suara nyaring dan merdu Bagi sebagian orang , kualitas suara adalah salah satu hal penting yang harus di jaga dan di rawat, bahkan menjadi salah satu prioritas kebutuhan dalam hidupnya. Sebagian yang lainya berusaha meningkatkan kualitas suaranya agar terdengar lebih merdu dan nyaring. Kualitas suara memang sangat relativ, tergantung dari sisi mana ia menikmatinya. Namun sebagian besar penduduk indonesia beranggapan kalau suara yang merdu adalah suara yang terdengar nyaring, mengalun lembut dengan nafas panjang, serta dapat masuk dan mempengaruhi emosi orang yang mendengarkan. Berikut adalah beberapa cara yang patut anda coba. Cara seperti ini sering di gunakan oleh penyanyi, pembawa acara, presenter, qori’, muadzin dan lain sebagainya. Langkah langkah berikut ini bertujuan Agar suara menjadi merdu dan nyaring, tentunya aman dan tidak membahayakan, dengan catatan, langkah langkah berikut ini dilakukan secara teratur dan sesering mungkin serta denga

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi manusia Dalam Proses Dakwah

1.1     LATAR BELAKANG Dalam memahami perilaku manusia, para ahli psikologi memiliki pandangan yang berbeda-beda. Aliran Psikoanalisis, misalnya, memandang manusia sebagai makhluk yang berkeinginan (Homo Valens). Oleh karenanya, menurut pandangan ini perilaku manusia ditentukan oleh keinginan-keinginan dan dorongan libido. Sedangkan aliran Behaviorisme memandang bahwa manusia adalah makhluk yang bersikap pasif terhadap lingkungan. Sehingga perilaku manusia menurut teori ini merupakan bentukan dari kondisi lingkungan. Selanjutnya dalam pandangan psikologi humanistik berpendapat bahwa manusia adalah eksistensi yang positif dan menentukan. Berangkat dari pandangan ini mereka berpendapat bahwa perilaku manusia berpusat pada konsep diri. Jika dicermati secara seksama, perbedaan pandangan dari masing-masing aliran mengenai perilaku disebabkan adanya perbedaan pandangan terhadap konsep tentang manusia. Dalam pandangan Islam, manusia dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.  Men